DISEGERAKAN DAN TERGESA GESA

Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh.

♥♡♥♡♥♡♥♡♥♡♥

Pernikahan yang disegerakan dan pernikahan yang tergesa gesa.

Jika pernikahan yang disegerakan lebih dekat kepada kemaslahatan dan barakah.maka pernikahan yang tergesa gesa lbh dekat dgn kegersangan dan kekecewaan,
Pernikahan yg tergesa gesa mendatangkan penyesalan.dan ketidakbahagiaan.ia mendapati istrinya menyusahkan dan membuat cepat beruban sebelum waktunya.(he emm,tapi bukan cepat  beruban karena minyak rambut).

Jika pernikahan yang barakah membuat rumah tangga terasa damai dan penuh kasih sayang.
Pernikahan yang tidak barakah membuat rumah jadi sempit dan tidak menemukan kedamaian didalamnya,

Ukuran fisiknya barangkali luas.bahkan jauh melebihi kebutuhan,akan tetapi jika tidak ada kelapangan didalamnya,betapa bedanya antara luas dan lapang.

Pernikahan yg barakah insyaAlloh akan kita dapati ketika kita menyegerakan pernikahan.akan tetapi jika pernikahan dilakukan dgn tergesa gesa justru bisa melahirkan kehampaan,kecuali Alloh menolong kita mengambil jarak dari keadaan diri kita sendiri,melakukan introspeksi yang teliti,dan hati hati dalam menilai masalah,,

Selanjutnya mudah mudahan kita bisa menjaga lisan(hifshul lisan)  dari mengatakan apa apa yNg tidak baik dihadapan Alloh dan manusia mengenai pasangan hidup kita,sekalipun dia tidak tahu.
Sebab ungkapan kekesalan dan kekecewaan -apalagi sampai menutup kebaikan yang ada padanya- bisa menjadi doa yang pasti dikabulkan ketika ucapan itu keluar bersamaan dengan sa'atu nailin yaitu saat ketika ucapan menjadi doa,dan doa pada saat itu pasti terkabul.orang jawa bilang" ojo ngomong sembarangan.ono wali liwat klakon lo"....

Perbedaan  menyegerakan dan tergesa gesa melalui dua cara,
Pertama melalui tanda tanda hati
( mudah mudahan Alloh menjernihkan hati kita).
Kedua melalui perumpamaan yzng dapat dipikirkan oleh nalar.

Tanda tanda hati.

'" orang yNg mempunyai niat tulus".
Kata imam Jafar Ash Shadiq,guru dari imam abu hanifah,
" adalah dia yzng hatinya tenang,terbebas dari pemikiran mengenai hal hal yang dilarNg,berasal dari upaya membuat niat murni untuk Alloh dalam segala perkara."

dalam surat cintaNya
"Pada hari ketika harta benda dan anak anak tidak berguna,kecuali orzng orang yzng datang kepada Alloh dengan hati yzng suci."
(QS 26:88-90).

kalau kita menyegerakan nikah karena niat yang jernih,insyaAlloh hati kita akan merasakan sakinah yaitu ketenangan jiwa saat menghadapi masalah2 yg hrs diselesaikan.kita merasa yakin,meskipun harapan dan kekhawatiran meliputi dada.kita merasa tenang meskipun ada sejumlah masalah yg membebani dan menyita perhatian.

ketenangan dan beban masalah bukanlah hal yzng bertentangan.seperti seorang ibu yang telah memilki kematangan,kedewasaan,dan kasih sayang besar kepada anaknya serta pengharapan besar terhadap ridho Alloh.saat menghadapi persalinan ia merasakan ketenangan hati dan keyakinan,meskipun harus melewati perjuangan mendebarkan yang melelahkan secara fisik dan psikis.namun ketegangan itu bukan suatu perasaan tidak aman.

Lain halnya dgn tergesa gesa,yg ditzndai oleh perasaan tidak aman dan hati yang diliputi kecemasan yang memburu.seperti berdiri didepan anjing galak yg tidak kita kenal.ada perasaan ingin cepat cepat berlari pergi menjsuhi tempat itu.kalau berlari takut dikejar dan terjatuh.kl tetap berdiri didekatnya tidak ada kepastian dan ada kekhawatiran jgn jgn dia mengigit.

Rosululloh bersabda  "mintalah fatwa dari hatimu,kebaikan itu adalah apa apa yang tentram jiwa padanya,dan tentram pula pada hatinya,dan dosa itu adalah apa apa yang syak dalam jiwa dan ragu ragu dalam hati.walaupun orang orang memberikan fatwa kepadamu dan mereka membenarkannya."(HR Ahmad).

Tanda tanda perumpamaan.

Kalau suatu saat anda naik motor dan menjumpai tikungan tajam, apa yang anda lakukan? Apakah anda akan segera membelokkan kemudi tanpa mengurangi kecepatan karena ingin cepat sampai? Atau anda kurangi kecepatan sedikit,menelikung dan miring dan sesudah berbelok baru menambah kecepatan sedikit demi sedikit.
jika anda memilih yg pertama,sangat mungkin anda terpental sendiri,anda jatuh sehingga harus berhenti sejenak atau agak lama.baru kemudian anda baru meneruskan perjalanan.
Keinginan anda untuk cepat SAmpai tujuan dgn tidak mengurangi kecepatan apalagi justru menambah kecepatan tidak membuat anda cepat sampai tujuan dgn tenang,tentram dan aman.bisa bisa kl kecepatan anda tetap antara sebelum berbelok dengan saat saat berbelok,anda justru terpental antara gaya sentrifugal dan gaya sentripetal,tidak seimbang,

jika anda memilih cara kedua,insyaALLOH akan dapat cepat sampai tujuan,awlny memang mengurangi kecepatan,tetapi sesudah betul betul memasuki tikungan dengan baik. anda bisa mensmbah kecepatan.jika anda mengurangi kecepatan lebih banyak lagi. Anda bahkan tidak perlu memiringkan badan banyak bsnyak.

Jalan yang lempang adalah tamsil dari masa melajang,masa ketika msh sendiri,belokan adalah proses peralihan menuju status baru.,menikah dan berumah tangga. Sedang jln berikutnya  yang dilalui setelah berbelok adalah kehidupan setelah menikah..
Pilihan pertama adalah sikap tergesa gesa untuk menikah. Sedangkan pilihan kedua adalah menyegerakan...

Ada perumpamaan lain.kita melihat perumpamaan yg dekat dekat saja.kl suatu saat anda bkn bubur kacang hijau.ada beberapa bahan yg perlu anda masukkan,bahan paling pokok adalah kacang hijau dan gula.kalau anda memasukkan gula bersamaan dgn.kacang hijau,sesudah itu segera direbus,anda akN mendapati kacang hijau itu tidak mekar. Anda tergesa gesa. Kl anda memasukkan gula setelah kacang hijau mekar,anda menyegerakan.tetapi kl anda lupa memasukkan gula setelah kacang hijau mekar cukup lama anda akan kehilangan banyak zat gizi ysng penting.

Diatas hanya sedikit penjelasan.saya memohon perlindungan kepada Alloh dari penjelasan yang tidak menambah kejelasan.mudah mudahN apa yg kurNg dari tulisan ini menjadikan anda hati hati.dan mantap melangkah .aamiin.

Alhamdulillah.
Semoga bermanfaat.

♥♡♥♡♥♡♥

o(╯□╰)o
aNd aasf


Post a Comment

0 Comments