WANITA PILIHAN.

Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Banyak pria dan wanita belum menemukan jodoh.namun pacaran bagi kaum muda zaman sekarang sudah bukan barang basi lagi.impian mereka tentang sebuah pernikahan makin membesar.

Memang pernikahan suatu fitrah manusia yang mendasar. Bisa dikatakan itulah impian dunia mereka dan setiap orang menginginkan dan memimpikannya.

Namun semua itu ternyata tak luput dari faktor kriteria pilihan.pilihan mereka semakin pesatnya jaman,semakin tinggi kriterianya.

"Tuntutan psikis yang tinggi menjadikan apa yang dipandang selalu kurang,kalau anda memakai kacamata gelap,matahari yang terangpun akan kelihatan redup..."

Tak bisa dibohongi laki laki dan perempuan jaman sekarang punya segudang kriteria bagi calon istri dan suami mereka.

Sehingga karena ketatnya kriteria akhirnya jodoh hanya sebatas angan angan saja.

Namun tak pelak juga asalkan mau nikah,jalan bareng,apapun kriterinya nggak masalah.

Tetapi pernikahan bukanlah sekedar legalisasi atas penyaluran kebutuhan lawan jenis,sesuatu akan sangat berbeda ketika kita telah masuk didalamnya.

Nuri seorang gadis desa,cantik tidak dimilikinya,tinggi juga kurang dari standar,kekayaan juga tidak berlebih.lebih parahnya bukan type wanita yang rajin mengkaji ilmu agama dan ahklak.tetapi kriteria dia tentang calon suami terlalu tinggi.hari hari hanya dilalui dengan pertanyaan kapan jodohku akan datang. sudah pasti anda bisa membayangkan bukan.?

Adakah yang menolak mendapatkAn istri soleha?...

Dari kasus Nuri diatas selayaknya kaum hawa yang belum menemukan jodohnya ataupun yang gagal menemukan jodoh galilah potensi yang meningkatkan kwalitas diri.

Cantik dan moleknya tubuh udah dari sononya.demikian juga kecerdasan,tingkat sosial, dan semacamnya.tapi ada yang bisa dikembangkan sehingga menjadi wanita muslimah yang sholeha dan berkwalitas.

Ilmu agama yang baik dan disertai dengan penempatan diri yang bijak akan menghasilkan ahklak yang mulia.tiada pilihan kecuali menjadi wanita sholeha.

Cantik merupakan patokAn pilihan kebanyakan kaum adam,namun tanpa adanya kesholehAn akan sangat berbahaya.

Begitu juga kepandaian dan kepintaran.akan sangat merepotkan bila tidAk disertai ahklak,bisa menjadikan wanita yang panjNg lidah,tidak sopan tidak beradap, dan sukA jadi pembangkang.

Demikian juga harta,tanpa bimbingan agama,harta hanya akan menjadikan bencana dan tiada manfaat,status sosial yAng tidak berkwalitas agama juga akan melahirkan keangkuhan.

Rosululloh memberi tuntunan dalam memilih wanita idaman yang akan dijadikan istri.

Bukan sekedar memilih yang pintar tapi pria mesti pintar memilih dan wanitapun harus berlaku pintar untuk menjadi wanita pilihan.

Tapi bukan dengan menipu tentunya.

Rosululloh menggambarkan beberapa sifat wanita shalih,pendek tapi cukup menjadi pedoman.

"apakah kalian mau saya beritahu tentang simpanan seorang yang paling berharga,yaitu wanita shaleha yang suaminya menjadi bahagia bila memandangnya,bila diperintahnya segera dipenuhi,bila suaminya tidak ada dia menjaga kehormatannya.( Riwayat ahmad)."

1.Taat

Seorang wanita yang terbiasa taat kepada orang tuanya,maka akan mudah juga taat pada suaminya,selama perintah suami adalah makruf ( tidak menyelisihi sya riat.) dia segera melaksanakan,bila perintahnya tersebut tidak berkenan,akan dicarinya waktu yang tepat untuk meyakinkan suami agar mengurungkan perintAhnya tanpa dibarengi bantAhan,penentangan, dan paksaan kehendak.

2.Enak dipandang.

Tidak harus cantik.tapi maksimalkan potensi yang ada akan membuat suami senang memandangnya.dia akan mampu membuat suAmi merasa nyaman dan tenang.

3.cinta,dan pasrah.

Seorang suAmi tentu mengharapkan seorang istri yang mampu mencintai sepenuh hati dan bersikap pasrah.bertingkah yang bisa menyenangkan suami,dan menjauhi yang dibencinya.

4. Suka membantu.

Wanita sholeha adalah wanita yang sukA mengajak wanita kepada kebaikan.bukan memberatkan.

Namun justru mengingatkan suami untuk selalu berlaku taat kepada Alloh SWT. Serta memberikan saran dan pendapat demi kemajuan usaha suami.

Semoga kaum hawa yang belum menemukan jodohnya mempunyai hasrat untuk meraih kriteria diatas.
Dan kaum adam,sebelum menginginkan wanita seperti type diatas.maka buatlah dirimu pantas untuk mendapatkannya.

Sebuah pilihan yang insyaAlloh adil buat antum dan tentunya mendapatkan redha dari yang Rahim

Aamiin.

o(╯□╰)o
aNd aasf.


Post a Comment

0 Comments